Hipertensi Awal Masalah Kerusakan Ginjal, Jantung dan Otak

“Halo…” Ini bu Agus?” Maaf bu, kami dari kepolisian. Mau mengabarkan suami anda saat ini ada dirumah sakit. Kami menemukan pak Agus tak sadarkan diri di dalam mobilnya,kami harap anda segera ke rumah sakit ya bu!.

Selamat Siang Bu.

Siapapun bisa mengalami hal itu. Pak Agus tak sadarkan diri karena serangan strok yang diakibatkan oleh  hipertensi. Adakah yang bias dilakukan untuk menceghnya?

Hipertensi dikenal secara awam  sebagai  tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi medis dimana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu lama). Penderita yang mempunyai tekanan darah yang melebihi 140/90 mmHg saat istirahat diperkirankan mempunyai keadaan darah tinggi. Tekanan darah yang selalu tinggi adalah salah satu factor resiko untuk penyakit stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal.

 

hipertensi-sunhope

Bagaimana mengukur tekanan darah?

tensi-meter

Untuk mengetahui tekanan darah seseorang dapat digunakan alat yang disebut sphygmomanometer atau dikenal juga dengan tensimeter. Jika ingin lebih praktis, anda dapat menggunakan tensimeter digital. Pemeriksaan tekanan darah dilakukan dengan posisi duduk atau berbaring, posisi terbaik untuk mengukur tekanan darah.

 

Tahukan anda arti tekanan darah?

Saat memeriksa tekanan darah , ada dua angka yang biasanya disebut misalnya 120/80. Apa yang dimaksud angka-angka tersebut? Angka pertama disebut sistolik, angka kedua disebut diastolic.

 

Sistolik

Angka pertama (120) yaitu tekanan darah sistolik, yaitu tekanan saat jantung berdenyut atau berdetak (sistol). Sering disebut tekanan atas

 

Diastolik

Angka kedua (80) yaitu tekanan darah diastolic, yaitu tekanan saat jantung beristirahat diantara saat pemompaan. Sering disebut tekanan bawah.

 

Apakah tekanan darah saya normal
Bandingkan hasil pemerikasaan tekanan darah anda dengan table penggolongan tekanan darah berdasarkan angka hasil pengukuran dengan tensimeter untuk tekanan sistolik dan diastolic dan diastolic berikut ini:

Tekanan Darah

Sistolik (angka pertama

Diastolik (angka kedua)

Darah rendah atau hipertensi

Dibawah 90

Dibawah 60

Normal

90-120

60-80

Pre—hipertensi

120-140

80-90

Darah tinggi atau hipertensi (Stadium 1)

140-160

90-100

Darah tinggi atau hipertensi (Stadium 2 /Berbahaya)

Diatas 160

Diatas 100

 

Mengapa Tekanan Darah Meningkat?

Gawat, anda langsung panik saat anda memeriksa tekanan Darah anda hasilnya siknifikasi tinggi 180/90 mmHg. Mengapa bisa begini ya? Apa yang menyebabkan tekanan Darah meningkat? Kuncinya ada di pembuluh Darah anda. Jika pembuluh Darah anda menyempit dan mungkin disebabkan oleh atherosclerosis, maka tekanan Darah di dalam pembuluh Darah akan meningkat. Selain itu, jika jumlah Darah yang mengalir bertambah , tekanan Darah juga akan meningkat. Sebabnya? Simak beberapa hal berikut:

 

Penyebab  yang tidak dapat dikendalikan

1. Faktor Keturunan

Factor ini tidak bisa anda kendalikan. Jika seseorang memiliki orang tua atau saudara yang memiliki tekanan Darah tinggi, maka kemungkinan ia menderita tekanan Darah tinggi lebih besar. Sebuah penelitian menunjukan bahwa tekanan Darah dapat diturunkan secara genetic.

 2. Usia

Faktor ini tidak bisa anda kendalikan. Penelitian menunjukan bahwa usia seseorang bertambah, tekanan Darah pun akan meningkat. Anda tidak dapat mengharapkan bahwa tekanan Darah anda saat muda akan sama ketika anda bertambah tua. Namun anda dapat menendalikan agar jangan melewatkan batas atas yang normal.

 

Penyebab yang dapat dikendalikan

1. Asupan garam

Asupan makanan tinggi garam berkaitan dengan hipertensi. Garam dapat meningkatkan tekanan Darah dengan cepat pada orang, khususnya bagi penderita diabetes , penderita hipertensi ringan, orang dengan usia tua, dan mereka yang berkulit hitam.

2. Kadar Kolesterol Darah

Kadar kolesterol tinggi juga dapat menimbulkan hipertensi. Kandungan lemak yang berlebih dalam Darah anda, dapat menyebabkan timbunan kolesterol pada dinding pembuluh Darah. Hal ini dapat membuat pembuluh Darah menyempit dan akibatnya tekanan Darah akan meningkat.

3. Obesitas/kegemukan

Apakah berat badan anda ideal? Orang yang memiliki berat badan diatas 30 persen berat badan ideal, memiliki kemungkinan lebih besar menderita tekanan Darah tinggi.

4. Faktor Stres

faktor ini bisa anda kendalikan. Stress dan kondisi emosi yang tidak stabil juga dapat memicu tekanan Darah tinggi.

5. Rokok

Faktor ini bisa anda kendalikan. Merokok juga dapat meningkatkan tekanan Darah menjadi tinggi. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan resiko diabetes, serangan jantung dan stroke. Karena itu, kebiasaan merokok yang terus dilanjutkan ketika memiliki tekanan Darah tinggi, merupakan kombinasi yang sangat berbahaya yang akan memicu penyakit-penyakit yang ada kaitannya dengan jantung dan pembuluh Darah.

6. Kafein

Kafein yang terdapat pada kopi, the maupun minuman cola bisa menyebabkan peningkatan tekanan Darah. Berapa cangkir anda minum kopi sehari?

7. Alkohol

Konsumsi alkohol secara berlebihan juga menyebabkan tekanan Darah tinggi.

8. Kurang Olahraga

Kurang olahraga dan bergerak bias menyebabkan tekanan Darah dalam tubuh meningkat. Olahraga teratur mampu menurunkan tekanan Darah tinggi anda namun jangan melakukan olahraga yang berat jika anda menderita tekanan Darah tinggi.

 

 PROGRAM SEHAT SUN HOPE KENDALIKAN HIPERTENSI 

 

Cegah Darah tinggi bagi anda yang masih memiliki tekanan Darah normal jika sudah terlanjur memiliki tekanan Darah tinggi, maka sebaiknya anda mulai PROGRAM SEHAT SUN HOPE KENDALIKAN DARAH TINGGI:

  1. Kurangi konsumsi garam dalam makanan anda. Jika anda sudah menderita tekanan Darah tinggi sebaiknya anda menghindari makanan yang mengandung garam. Hindari makanan yang terlalu gurih, asin dan makanan yang tinggi garam seperti roti, kraker, telur asin, ikan asin, junk food dan makanan yang diawetkan.
  2. Konsumsi makanan yang mengandung kalsium, magnesium dan kalsium. Kalium, magnesium dan kalsium mampu mengurangi tekanan Darah tinggi. Penyebabnya konsumsi sayuran hijau terutama sayur dan buah yang berserat tinggi seperti sayuran hijau, pisang, tomat, wortel, melon, dan jeruk. Anda menjumpai kalium dan protein sayuran yang berkualitas pada produk klorofil terlengkap Sun Hope SpirulinaPlus. Konsumsi 3 kaplet, 3 kali sehari setiap sebelum makan.
  3. Hindari minuman berkafein dan beralkohol. Jika anda menderita tekanan Darah tinggi, sebaiknya hindari konsumsi alcohol secara berlebihan. Untuk pria yang menderita hipertensi, jumlah alcohol yang diijinkan maksimal 30 ml alcohol per hari sedangkan wanita 15 ml per hari.
  4. Olahraga secara teratur  bias menurunkan tekanan Darah tinggi. Jika anda menderita tekanan Darah tinggi, pilihlah olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenang. Lakukan selama 30 hingga 45 menit sehari 3 kali seminggu.
  5. Cobalah untuk hidup lebih rileks, jangan terlalu stress  menghadapi masalah anda. Ingat, bukan hanya anda kan yang memiliki masalah? Setiap manusia hidup pasti punya masalah. Kendalikan emosi anda, anda dapat pula melakukan yoga dan relaksasi untuk mengoptimalkan manajemen stress anda.
  6. Berhentilah merokok. Menghentikan kebiasaan buruk ini bermanfaat untuk mengurangi tekanan Darah tinggi atau hipertensi. Konsumsi Sun Hope  SOD, enzim antioksidan yang dapat membantu memberantas radikal bebas yang terdapat dalam rokok.
  7. Kendalikan kadar kolesterol anda.hindari makanan tinggi kolesterol dan tinggi lemak. Hindari daging merah, kulit ayam, jerohan, santan dan gorengan. Konsumsi Deep Sea 2 softgel saat bangun dan menjelang tidur (2×2 softgel/hari) dan Slimming Formula 5 kaplet, 3 kali sehari, 30 menit sebelum makan.
  8. Kendalikan gula Darah anda.

Jaga selalu gula Darah anda.hindari makanan yang terlalu manis dan mengandung karbohidrat sederhana. Konsumsi Power Mix untuk menjaga kadar gula Darah anda, 1 sdm setiap sebelum makan . Kandungan Insulin Growth Factornya membantu mengoptimalkan gula Darah anda agar selalu terjaga.

produk-deep-seasunhope-sodsunhope-enzymes-obat-asam-uratsunhope-slimming

 Jadi, sekaranglah saatnya anda mulai PROGRAM SEHAT SUN HOPE KENDALIKAN HIPERTENSI