Mengobati Diare (Gastro Entritis Akut, Muntaber)

diarediare+muntaber

Diare terjadi ketika buang air besar yang tidak normal atau bentuk tinja yang encer dengan frekuensi yang lebih banyak dari biasanya. Terjadi peningkatan frekuensi dan / atau perubahan konsistensi, dapat disertai atau tanpa gejala dan tanda seperti mual, muntah, demam atau sakit perut yang berlangsung selama 3-7 hari yang disebabkan oleh infeksi, alergi atau keracunan zat makanan. Penyebab diare akut pada anak scara garis besar dapat disebabkan oleh gastroenteristis,keracunan makanan, antibiotika dan infeksi tidak kurang  dari 25 jenis mikroorganisme  yang dapat menyebabkan diare pada anak dan bayi, diantaranya Rotavirus (40-60%), bakteri E coli dan parasit.

Diare menyebabkan hilangnya sejumlah besar air dan elektrolit (dehidrasi). Penggantian cairan dan elektrolit merupakan elemen yang penting dalam terapi efetif diare akut. Obat anti diare hanya bersifat menghilangkan gejala dan tidak secara khusus menghilangkan penyebab, tidak memperbaiki kehilangankan gejala dan tidak secara khusus mengobati penyebab, tidak memperbiki kehilangan air dan elektrolit serta menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Amatlah penting untuk tetap memberikan nutrisi yang cukup selama diare, terutama pada anak dengan gizi yang kurang. Minuman dan makanan jangan dihentkan lebih dari 24 jam, karena pulihnya mukosa usus tergantung dari nutrisi yang cukup. Pemberian kembali makanan atau minuman (refeeding) secara cepat sangatlah  penting bagi anak dengan gizi kurang yang mengalami diare, suplementasi probiotik dapat diberikan.

sunhope-probiotic734458_422261171196297_1807301137_n

Probiotik adalah bakteri hidup yang mempunyai efek yang menguntungkan melalui mekanisme meningkatka jumlah bakteri probiotik didalam lumen saluran cerna. Penggunaan probiotik aman dan efektif dalam  pengobatan diare kira-kira 2/3 lamanya diare,dan menurunkan frekuensi diare pada hari kedua pemberian sebanyak 1-2 kali. Berikan Sun Hope Probiotik 1 – 2 kali. Berikan Sun Hope Probiotik 1 sachet, 3 kali sehari sesaat setelah makan.