PROBIOTIK

sunhope-probioticKombinasi probiotik berkualitas tinggi dengan kandungan lebih dari 10 milyar bakteri menguntungkan. Probiotic mengandung 6 bakteri probiotik yang bersimbiosis alami sehingga tahan terhadap kondisi saluran cerna.  Diperkaya dengan EPA dan DHA yang dibutuhkan untuk anak, rasanya segar sehingga sangat digemari oleh seluruh anggota keluarga. Suplemen sempurna untuk mempertahankan kesehatan pencernaan keluarga.

PROBIOTIK

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Probiotik juga dikenal dengan bakteri baik atau ramah karena fungsinya yang baik untuk kesehatan. Pencernaan yang sehat bisa tercipta jika jumlah bakteri baik yang ada dalam usus lebih banyak dari jumlah bakteri jahat. Mikroba yang umum dan sering digunakan sebagai probotic adalah bakteri asam laktat (LAB) dan bifidobacterium. LAB telah lama digunakan dalam industry makanan karena kemampuannya untuk mengubah gula dan karbohidrat lain menjadi asam laktat. LAB menghasilkan rasa asam untuk makanan fermentasi dengan cara mengurangi pH dan mengurangi kesempatan tumbuhnya organisme merugikan.

Probiotik bekerja dengan cara meningkatkan keseimbangan mikroba dalam usus sehingga mengurangi dan menghambat pertumbuhan bakteri pathogen atau bakteri jahat. Beberapa penelitian telah menunjukkan manfaat Probiotik baik sendiri ataupun bersinbiotik dengan prebiotik. Manfaat probiotik untuk kesehatan sebagian besar dikaitkan dengan kesehatan pencernaan diantaranya adalah mencegah kanker kolon, pengobatan infeksi Helycobacter  pylori yang dapat menyebabkan peptic ulcer, diare akibat antibiotic, meningkatkan penyerapan mineral, dan mengobati gejala Irritable Bowel Syndrome.

Bakteri baik dalam tubuh harus lebih banyak daripada bakteri buruk. Apabila befungsi dengan baik, maka bakteri baik  akan membantu menjaga tubuh kita terhadap bakteri pathogen, membantu fungsi sistem pencernaan, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Adapun makanan produk fermentasi yang mengandung bakteri asam laktat yang memiliki efek probiotik yaitu kefir, yoghurt, sauerkraut,kimchi, dan kombucha.

LACTOBASILUS…

Genus : Gram positive non spore

Bentuk : Batang dengan ujung membulat dengan ukuran 6-9 x 1.5 μm

Sumber : mulut, Saluran usus, vagina manusia

Karakteristik

Ditemukan dalam produk susu, gandum, daging, ikan, dan kotoran dalam tubuh manusia. Dalam saluran usus dan sepanjang lapisan mulut, dapat membantu dalam pencernaan makanan. L. acidophilus adalah probiotik yang dapat membantu recolonize saluran pencernaan dengan bakteri yang menguntungkan.

Fungsi L. acidophilus

  1. Memproduksi enzim pencernaan yang penting, membantu dalam pemecahan makanan serta menghasilkan  hydrogen peroksida, asam laktat, dan zat lain yang dapat menciptakan lingkungan asam yang tidak ramah untuk organisme berbahaya. Membantu penyerapan vitamin K dan B, kalsium, lactase dan asam lemak.
  2. Mencegah konstipasi dan diare
  3. Menangkal lactose intolerance, menghasilkan lactase
  4. Detoksifikasi atau membersihkan system dengan mengikat substansi yang tidak diinginkan dan mengeluarkannya
  5. Memelihara permukaan membrane mukosa usus
  6. Menekan bakteri yang tidak diinginkan dengan membantu memelihara lingkungan antibakteri dan anti jamur.
  7. Mencegah early atopic disease pada anak dengan resiko tinggi
  8. Mencegah vaginitis yang disebabkan oleh candidiasis
  9. Mencegah pembentukan tumor dan proliferasi dan penurunan kolesterol yang signifikan.

BIFIDOBAKTERIUM

Genus             : Gram positive non spore

Bentuk             : Batang bercabang ukuran 2-4 μm x 1.0 μm

Sumber           : Saluran usus, feses manusia

Bakteri anaerobic, gram positive, tidak teratur atau batang bercabang yang umumnya ditemukan dalam usus manusia, hewan dan serangga.

Fungsi Bifidobacterium bifidus

  1. Mencegah konstipasi dan diare
  2. Menangkal lactose intolerance
  3. Memelihara permukaan membrane mukosa usus, menjaga keseimbangan mikroflora usus
  4. Detoksifikasi atau membersihkan system dengan mengikat substansi yang tidak diinginkan dan mengeluarkannya. Mengontrol peningkatan bakteri merugikan
  5. Mencegah early atopic disease pada anak dengan resiko tinggi
  6. Menstimulasi system imunitas
  7. Meningkatkan asimilasi mineral yang penting untuk kesehatan tulang, seperti besi, kalsium, magnesium dan seng.
  8. Mencegah perkembangbiakan E.coli, Salmonela, dan Clostridium
  9. Memproduksi asam laktat dan asam asetat yang menurunkan pH usus serta mencegah pertumbuhan bakteri jahat.
  10. Membantu menurunkan kolesterol darah. Kemampuan ini berasal dari zat antikolesterol  yang mampu menghambat kerja enzim pembentuk kolesterol.  Pengurangan kolesterol juga terjadi karena selama pertumbuhan, bakteri ini menyerap sejumlah zat kolesterol ke dalam selnya. Terjadi dalam usus kecil

BIFIDO..

Genus             : Gram positive non spore

Bentuk             : Batang bercabang ukuran 3-6 μm x 1.0 μm

Sumber           : Saluran usus, feses manusia

Bakteri anaerobic, gram positive, tidak teratur atau batang bercabang yang umumnya ditemukan dalam usus manusia, hewan dan serangga.

Fungsi Bifidobacterium longum

  1. Mencegah konstipasi dan diare
  2. Meningkatkan pencernaan laktosa pada manusia dengan konsumsi susu non fermentasi yang mengandung Bifidobacterium longum
  3. Memelihara permukaan membrane mukosa usus
  4. Efek penghambatan pada produksi in vitro verotoxins oleh Escherichia coli O157:H7
  5. Mencegah early atopic disease pada anak dengan resiko tinggi
  6. Menstimulasi system imunitas
  7. Mencegah pembentukan tumor

B.longum mampu mengurai gula menjadi asam laktat, sehingga menurunkan pH di usus. Secara tidak langsung, bakteri ini membantu tubuh dalam mempertahankan keseimbangan flora usus agar tetap sehat dengan memproduksi senyawa organic, seperti asam laktat, hydrogen peroksida, dan asam asetat. Asam-asam itu akan meningkatkan kadar keasaman di usus dan menghambat reproduksi bakteri yang merugikan.

BIFIDO..

Genus             : Gram positive non spore

Bentuk             : Batang bercabang ukuran 2-4 μm x 1.0 μm

Sumber           : Saluran intestinal bagian bawah manusia, feses bayi

Fungsi Bifidobacterium infantis

  1. Mencegah konstipasi dan diare
  2. Meningkatkan pencernaan laktosa pada manusia dengan konsumsi susu non fermentasi yang mengandung Bifidobacterium infantis
  3. Memelihara permukaan membrane mukosa usus
  4. Efek penghambatan pada produksi in vitro verotoxins oleh Escherichia coli O157:H7
  5. Mencegah early atopic disease pada anak dengan resiko tinggi
  6. Menstimulasi system imunitas, karena mampu menstimulasi agen imunomodulasi, seperti sitokinin, dan memiliki efek antibakteri  terhadap pathogen, seperti  Clostridium, Shigella, dan Salmonella.

Karakteristik

  1. Penghuni utama dari saluran pencernaan bayi yang baru lahir
  2. Hampir semua  strain B.infantis menghasilkan vitamin yang larut air, tiamin, asam nikotinat, dan asam folat dalam jumlah yang jauh lebih besar dari sebagian besar spesies lain dalam keluarga  Bifidobacterium.
  3. ASam yang dihasilkan dapat membantu menghambat pertumbuhan atau kolonisasi bakteri berbahaya dalam usus besar
  4. B.infantis bermanfaat bagi yang menderita gejala irritable bowel syndrome (IBS), termasuk kembung, buang-buang gas, daire, smebelit akut, dan ketidaknyamanan perut.

STREPTOCOCUS..

Genus             : Gram positive non spore

Bentuk             : Bulat ukuran 0.5 μm x 0.5 μm

Sumber           : Saluran usus,

Dalam saluran usus, Streptococcus lactis  dapat membantu pencernaan makanan dan membantu untuk memelihara lingkungan antibakteri dan antijamur.

Fungsi Streptococcus lactis

  1. Memproduksi enzim pencernaan yang penting
  2. Memelihara permukaan membrane mukosa usus
  3. Menekan bakteri yang tidak diinginkan dengan membantu memelihara lingkungan antibakteri dan anti jamur.

Produksi seperti bactriocin yang dapat menghambat bakteri yang tidka diinginkan, seperti Staphyococcus aureus, Salmonella dan E.coli, etc.