Macam-Macam Immunoglobulin dan Manfaatnya

Immunoglobulin (Ig) adalah sistem pertahanan tubuh yang bersifat sangat spesifik. Immunoglobulin yang dikenal pula sebagai antibodi ini merupakan senyawa protein yang diproduksi oleh sel darah putih bernama sel B atau lebih spesifik lagi sel plasma. Fungsi dari Immunoglobulin adalah memberikan respons terhadap antigen yang dihasilkan oleh mikroorganisme parasit yang masuk ke dalam tubuh mahluk hidup.

Immunoglobulin terdiri atas lima macam, yaitu Immunoglobulin G, Immunoglobulin M, Immunoglobulin A, Immunoglobulin D, dan Immunoglobulin E.

  1. Immunoglobulin G (Ig G)

Imunoglobulin G merupakan satu-satunya immunoglobulin yang mampu melewati plasenta. Ig G terdapat di seluruh tubuh, tetapi paling banyak ditemukan dalam sumsum tulang belakang, limfe, darah, dan cairan peritoneal. Antibodi ini merupakan kekebalan pasif dari ibu kepada anaknya (dari kolustrum).

Imunoglobulin ini berperan sebagai sistem pertahanan utama pada bayi terhadap infeksi selama beberapa minggu pertama setelah lahir. Imunoglobulin yang dikeluarkan melalui cairan kolostrum ini mampu menembus mukosa usus bayi dan menambah daya kekebalan.

  1. Immunoglobulin M (Ig M)

Antibodi ditemukan pada permukaan sel B yang matang. Immunoglobulin M ditemukan terutama di dalam darah dan cairan limfatik, dan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan Immunoglobulin G. Imunoglobulin M hanya dibentuk oleh fetus. Imunoglobulin ini tidak dapat melalui plasenta. IgM langsung dihasilkan begitu tubuh terkena virus, bakteri, atau racun. Itulah sebabnya, jumlah IgM yang meningkat menandakan adanya infeksi baru atau adanya antigen.

  1. Immunoglobulin A ( Ig A )

Immunoglobulin A ditemukan, antara lain di dalam saliva, keringat, air mata, susu, cairan lambung, dan saluran genital. Fungsi Immunoglobulin A adalah melindungi selaput mukosa dari serangan bakteri dan virus.

  1. Immunoglobulin D (Ig D)

Immunoglobulin D dibentuk bersama dengan IgM oleh sel B normal dan melekat pada permukaan luar sel-sel T. Fungsi dari Ig D membantu sel-sel T menangkap antigen.

  1. Immunoglobulin E ( Ig E )

Immunglobulin E adalah antibodi yang beredar dalam aliran darah. IgE sangat bermanfaat untuk melawan parasit, tetapi kadang juga menimbulkan reaksi alergi akut pada tubuh.

Imunoglobulin sangat menentukan kondisi kesehatan seseorang. Makin kuat imunoglobulin atau antibodi, maka sistem kekebalan akan berfunsgi makin dalam melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus, radikal bebas, dan zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Sistem kekebalan tubuh yang kuat akan mampu mengalahkan bakteri, virus, radikal bebas, dan zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh sehingga tidak menimbulkan gangguan kesehatan. Sebaliknya, ketika kekebalan tubuh lemah, tubuh akan mudah sekali sakit oleh serangan bakteri, virus, radikal bebas, dan zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Sedemikian penting manfaat antibodi atau imunoglobulin. Oleh karena itu, kita harus senantiasa mengupayakan agar tubuh kita memiliki antibodi yang kuat. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan antibodi dan sistem kekebalan tubuh. Salah satunya adalah dengan mempraktikkan pola hidup sehat dan rutin mengonsumsi makanan serta minuman yang kaya akan zat gizi, termasuk kaya faktor imunitas.

Susu Kolostrum Power Mix adalah produk susu yang dapat menjadi alternatif pilihan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Susu ini mengandung komposisi gizi yang seimbang. Susu Kolostrum Power Mix mengandung berbagai vitamin, mineral, dan protein.  Susu Kolostrum Power Mix juga mengandung immunoglobulin IgG, IgA, IgM, IgD, dan IgE serta faktor pertumbuhan.

Semua kebaikan susu kolustrum ada pada Susu Kolostrum Power Mix. Susu Kolostrum Power Mix adalah cara mudah dan aman untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.